Minggu, 12 Februari 2012







Buat teman teman yang baru belajar main keyboard pasti kesusahankan cari chordnya. Nah, kalau sekarang sih sudah mudah banget, anak kecil juga bisa ( he he he maksudnya yang baru belajar). Sekarang kita akan bisa membentuk chord dasar sendiri dengan sangat yakin dan dibuktikan dengan monitor. Belajar chord sendiri ingat 43! ya ingat 43 angka keramat tukang organ dan piano sedunia !



Ayo mulai, dari manapun boleh, atau kalau mau yakin betul dari ujung kiri keyboard anda deh.



Itu tuts pertama adalah C atau Do, selanjutnya ya itu Re Mi Fa So La Si Do, atau C D E F G A B.



Pasang jari manis di C terus hitung 4 kali ke kanan menggunakan jari telunjuk (ingat tuts yang berwarna hitam di hitung juga), nah jari telunjuk udah sampai di tuts Mi disitu pencet dengan telunjuk. Dari situ hitung lagi ke kanan 3 kali menggunakan jempol, nah disitu pasang jempol, terus tekan bersamaan 3 tuts itu, naaaaaaah itu Chord C !, kita buktikan lagi .



Pasang di tuts putih ke 2, atau si D tadi jari manis Hitung ke kanan 4 langkah , jatuh di hitam kan?, pasang di situ telunjuk Hitung lagi ke kanan 3 langkah, nah itu jatuh di A kan>, pasang jempol disitu, itu chord D ! siiip !!!



Buktikan yang lain , pasti bener !, nah jika, kita membuat formasi chord yang sama misalnya C atau D di formasi yang tidak 43, itu sah sah saja , bener juga, cuma ini yang paling mudah dikenali, seperti gitar, tinggal geser formasi sama. buktikan saja !



Sebentar!, sebentar!

Yang minor gimana ?

Ha ha ha ha . . sudah bisa aja pengin cepet loncat, pengin cepet bisa, tapi itu bagus, semanget, antusias, bisa bisa bakal cepet bisa he he he he.



Minornya guampang banget sob, kuncinya ?, silakan, Pindahkan jari kedua, atau telunjuk mundur 1 langkah, yang lain tetap pada formasi semula . .. Naaaaaah . . itu Cminor !, telunjuk nginjek di yang hitam kan ?, itu Cm !, waaah anda sudah jago sekarang !



Nah, sekarang udah bisa cari Chord sendirikan.



Agar lebih jelas selahkan lihat dan praktekkan video di bawah ini.

Tagged: , ,

19 komentar:

  1. kebetulan, aku lagi belajar chord piano dari awal banget, trus ketemu blog ini.

    Makasih banget ya, walau dikit tp tenyata sangat berarti dengan ilmu 43-nya. aku baru tau itu setelah aku susah2 cari referensi dr situs lain.

    sipp..!!!!

    BalasHapus
  2. keren mas bro buat para pemula

    BalasHapus
  3. Keren bro..jd tw prinsipnya...

    BalasHapus
  4. wah super sekali saudaraku....
    tx bro

    klw untuk minor jari telunjuk mundur 1 langkah, nah klw untuk mayor gimana bro? heheheh

    BalasHapus
  5. ya aku jg baru tahu tips njenengan bagus...praktis pragmatis mudah dipahami...trmkasih ya mas

    BalasHapus
  6. makasih banget bro, sangat membantu untuk pemula spt aq hehehehe. klo ada info lagi bro ttg cara singkat bermain keybord, ane tunggu broooo. thank kiyuuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok.., sama2 bro. Terus berlatih, klau sdh fasih gk usah lg pake rumus 43 lngsng spontan aja. Nanti update lg info ttg arpegio chord.

      Hapus
  7. Terima kasih ilmu pak.semoga sampeyan bertambah ilmunya

    BalasHapus
  8. Subhanallah.... Terimakasih Mas buat pencerahan dan arahan nya.. saya lagi belajar Keyboard sangat awal sekali..
    Terimakasih buat Rumus 43 nya
    :)

    BalasHapus
  9. thx for your great 43.,.,

    BalasHapus
  10. terimakasih... y mas, saya merasa bener2 di tuntun,maklum sdh lama ingin belajar pencet tuts,mau kursus gk da fulus untung ktemu blog nih...he..he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama sama, trs berlth klau sdh mahir mencet chord cbalah memainkan lgu yg sederhana. ya belajar otodidak aja.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Terima kasih banyak, sangat membantu

    BalasHapus
  13. mantap bang ... kalo cari cord dari sebuah mp3 gimana gan....

    BalasHapus