Senin, 19 Maret 2012

Tsunami Kecil Rendam Wilayah Pesisir Kalsel


Martadah, Badai dan gelombang pasang menerjang sebagian wilayah pesisir Kalimantan Selatan, Senin (19/3/2012) sore. Akibatnya, puluhan rumah rusak parah akibat terjangan gelombang.

Sedikitnya sembilan desa di tiga kecamatan di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, terendam banjir rob setinggi hampir satu meter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kotabaru Tri Basuki Rachmad, Senin, mengatakan, hampir semua desa di pesisir Kecamatan Pulau Laut Tengah, Pulau Laut Barat, dan Pulau Laut Kepulauan terendam rob.

Rob merendam sekitar pukul 18.00 WITA dengan ketinggian lebih dari setengah meter.

Dilaporkan banjir rob sejauh ini telah merusakkan 50 rumah di Desa Batakan, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, pada Senin sekitar pukul 16.00 WITA.

Peristiwa itu menyebabkan naiknya air rob dan menggenangi sejumlah wilayah Tanah Laut, antara lain Kecamatan Takisung sebanyak 12 Desa, Bumi Makmur 14 Desa, Pelaihari 1 desa, dan Penyipatan 2 Desa. Semua ada di Kabupaten Tanah Laut.

Banjir rob juga melanda Kecamatan Aluhaluh, Kabupaten Banjar. Di kecamatan ini ada 10 desa yang terkena. Jumlah pasti rumah penduduk masih dalam penghitungan.

Desa-desa yang terkena umumnya lokasinya berada di tepi pantai dan Sungai Barito, dengan kondisi tanah rawa-rawa yang permukaan airnya mudah naik bila terjadi air pasang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Kalimantan Selatan Said Ali di Banjarmasin mengatakan, puluhan rumah masih terendam setinggi 1-2 meter.

"Seluruh petugas dinas terkait baik provinsi dan kabupaten kini sudah siaga di masing-masing kabupaten dan kota terjadi bencana," katanya. [ndis]

Dibawah ini ada beberapa gambar pada saat air rob menerjang pesisir pantai






2 komentar:

Wawan De Worm mengatakan...

y ampun....

pdhal dri dulu aman2 tuh pantai...

semoga cpet brakhir aj dh bencananya ... amin -_-

away86 mengatakan...

mas... foto yg paling atas tu kaya'nya bukan gambar di pantai batakan. tapi tepi jalan pantai siring pagtan... mohon dikomfirmasi...

Poskan Komentar